Pemerintah Waspadai Varian Baru Usai 203 TKI Positif Covid, Padahal Mereka Kantongi Surat Bebas Covid

Pemerintah Waspadai Varian Baru Usai 203 TKI Positif Covid, Padahal Mereka Kantongi Surat Bebas Covid

SuaraBMI - 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meningkatkan kewaspadaan terhadap mutasi virus SARS-CoV-2 di Sumatera.

Pemerintah mencatat sebanyak 170 pekerja migran Indonesia (PMI) dari Kepulauan Riau dan 33 TKI dari Sumatera Utara positif terpapar Covid-19 berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan terhadap mereka setibanya di Indonesia.

Dengan temuan itu, pemerintah kini tengah mengantisipasi munculnya mutasi virus dengan melakukan Whole Genome Sequence (WGS). Hal itu mengingat saat ini tercatat sudah ada lima kasus varian B1617 dan tiga varian B117 yang teridentifikasi di Sumatera.

"Untuk Kepri ini perlu dilakukan tindak lanjut karena PMI yang datang kebanyakan memang dari Malaysia dan di sana (Malaysia) banyak ditemukan varian baru. Jadi saya minta kita harus lakukan genome sequencing supaya kita tahu apakah yang di Kepri itu varian baru atau bukan," kata Muhadjir, Rabu (19/5).
[post_ads]
Tak hanya melakukan pemantauan terhadap WNI yang tiba di Indonesia, Muhadjir mengatakan pemerintah saat ini juga masih terus lanjut berupaya mengantisipasi terjadinya gelombang arus balik dari para pemudik. Salah satunya yaitu arus balik dari Sumatera menuju Jakarta dan sekitarnya.

Sebab, selain ditemukan banyak varian Covid-19, Sumatera juga dinilai perlu mendapat perhatian lebih karena peta zonasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa zona merah dan oranye merupakan daerah dengan risiko penularan Covid-19 tinggi dan sedang banyak ditemukan di Sumatera.

"Inilah pentingnya dilakukan genome sequencing. Mereka yang dari luar negeri harus kita antisipasi karena fokus kita ke pencegahan varian baru seperti ada dari Afrika, Inggris, ataupun India," lanjut Muhadjir.
[post_ads]
Terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku pihaknya akan mulai melakukan tes pencarian WGS terhadap seluruh WNI yang baru datang di Malaysia, khususnya WNI di Sumatera.

"Orang-orang yang masuk dari Malaysia yang positif langsung dilakukan genome sequencing saja," kata Budi.

Mantan direktur utama Bank Mandiri itu juga mengatakan saat ini dirinya juga sudah menginstruksikan agar Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan juga melakukan pemantauan secara penuh terhadap para PMI yang tiba di Indonesia.

COMMENTS

Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: Pemerintah Waspadai Varian Baru Usai 203 TKI Positif Covid, Padahal Mereka Kantongi Surat Bebas Covid
Pemerintah Waspadai Varian Baru Usai 203 TKI Positif Covid, Padahal Mereka Kantongi Surat Bebas Covid
Pemerintah Waspadai Varian Baru Usai 203 TKI Positif Covid, Padahal Mereka Kantongi Surat Bebas Covid
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0LBqyTsc4svUhONSTx5TyouxZFxF_eNZNubyraH3YzYbNwnFnR1o9LrfotR5FXH2RmajteqzVgdw5hyphenhyphenzxUdMwVpg7pbmpSGFGKHqN3g2Mfqsqrp99CCyPzDgnfm6y2qR5HPKpzIxhpzPA/s320/tki.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0LBqyTsc4svUhONSTx5TyouxZFxF_eNZNubyraH3YzYbNwnFnR1o9LrfotR5FXH2RmajteqzVgdw5hyphenhyphenzxUdMwVpg7pbmpSGFGKHqN3g2Mfqsqrp99CCyPzDgnfm6y2qR5HPKpzIxhpzPA/s72-c/tki.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/05/pemerintah-waspadai-varian-baru-usai.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/05/pemerintah-waspadai-varian-baru-usai.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content