Sempat Disiksa Majikannya dan Setahun Tak Digaji Hingga Sakit, TKW Asal Indramayu Meninggal Dunia Saat Perjalanan Pulang, Keluarga Dimintai 32 Juta

Sempat Disiksa Majikannya dan Setahun Tak Digaji Hingga Sakit, TKW Asal Indramayu Meninggal Dunia Saat Perjalanan Pulang

SUARABMI - 
Ruri Alfath Mujaida (25), seorang TKW asal Indramayu mengalami kisah tragis saat menjadi TKI di Negeri Jiran Malaysia. Dia sempat mengalami penyiksaan dari majikannya, dan meninggal dunia saat akan perjalanan pulang kembali ke Indonesia.

Sang kakak, Juju Juhaeriyah (41) mengatakan bahwa Ruri berangkat ke Malaysia tiga tahun silam. Berniat untuk memperbaiki perekonomian keluarga, dan membantu orang tua. Apalagi, teman-temannya banyak yang sukses dan membangun rumah.

"Akhirnya Ruri merantau ke Malaysia melalui sponsor," ujarnya sebagainana dilansir suaraBMI dari TIMES Indonesia di kediamannya di Blok Bloran I Desa Parean Girang Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Selasa (20/10/2020).

Kepergian Ruri ke Malaysia ini sempat tidak direstui suaminya. Namun, Ruri tetap nekad berangkat ke Malaysia.
[post_ads]
Saat berangkat ke Malaysia tersebut, Ruri sama sekali tidak memiliki visa dan paspornya pun tidak diketahui apakah asli atau tidak. Dia berangkat melalui jalur laut. Transitnya ke Batam terlebih dulu, baru kemudian langsung ke Malaysia.

Dari cerita Ruri, lanjut Juju, selama setahun awal dia tidak mendapatkan gaji. Ruri dan tenaga kerja lainnya yang bekerja di majikan Malaysia tersebut, kerap disiksa. "Begitu majikannya hamil dan dirawat di rumah sakit, Ruri dan lainnya kabur," jelasnya.

Setelah kabur, Ruri bekerja serabutan demi mengisi perutnya. Dia pun tinggal di sebuah rumah kontrakan. Di sana, dia bertemu dengan kawan asal Myanmar yang juga bekerja di Malaysia.

Kondisi Ruri sempat menurun akibat menderita penyakit TBC, sekitar 5 bulan lalu. Teman Myanmar tersebut membantu Ruri menjalani pengobatan di rumah sakiit dan membiayainya.

Kondisi Ruri yang terus menurun dan tubuhnya menjadi kurus kering. Pihak keluarga pun berkoordinasi dengan pihak Tim Reaksi Cepat Tanggap Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Indramayu, untuk segera memulangkan Ruri ke tanah air, dan bisa dirawat oleh keluarganya.

Namun ternyata takdir berkata lain. Dalam perjalanan menuju Batam, Ruri menghembuskan nafas terakhir, akibat tidak kuat menahan sakit yang dideritanya. Jenazahnya pun dibawa kembali ke Malaysia dan masuk rumah sakit.

Pihak keluarga mengalami kesulitan untuk memulangkan jenazah Ruri. Pasalnya, pihak agensi meminta sejumlah uang kepada keluarga Ruri, agar jenazahnya bisa dipulangkan kembali ke Indramayu.

Juju menjelaskan, pihak keluarga dimintai uang sejumlah Rp 32 juta supaya jenazah bisa dipulangkan kembali ke tanah air dan dimakamkan di kampung halamannya. Kalau tak mampu, pihak keluarga diminta membayar Rp 9,9 juta supaya jenazah bisa dimakamkan di Malaysia.
[post_ads_2]
Pihak keluarga tentu saja tidak sanggup untuk membayar uang sebanyak itu. Apalagi, kondisi keluarga yang tidak mampu dan sedang berduka karena meninggalnya Ruri. "Pengennya pulang dimakamkan di sini. Tapi jenazahnya masih tertahan di rumah sakit di Malaysia," ungkapnya.

Juju mengaku sangat kehilangan adik bungsunya tersebut. Pasalnya, Ruri meninggalkan dua orang anak yang masih kecil. Apalagi, Ruri dan suaminya sudah berpisah.

Sebelum meninggal, Juju sempat video call bersama Ruri, bahwa Ruri ingin pulang dan sudah tidak kuat dengan kondisinya saat itu. "Ruri mau pulang, sudah tidak kuat. Dari situ saya nangis," tutur Juju menirukan ucapan Ruri.

Saat ini, pihak keluarga TKW Indramayu itu, dibantu oleh Tim Reaksi Cepat Tanggap Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Indramayu, sedang berusaha agar jenazah Ruri bisa dipulangkan dan secepatnya dimakamkan di tanah kelahirannya.

timesindonesia

COMMENTS

Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: Sempat Disiksa Majikannya dan Setahun Tak Digaji Hingga Sakit, TKW Asal Indramayu Meninggal Dunia Saat Perjalanan Pulang, Keluarga Dimintai 32 Juta
Sempat Disiksa Majikannya dan Setahun Tak Digaji Hingga Sakit, TKW Asal Indramayu Meninggal Dunia Saat Perjalanan Pulang, Keluarga Dimintai 32 Juta
Sempat Disiksa Majikannya dan Setahun Tak Digaji Hingga Sakit, TKW Asal Indramayu Meninggal Dunia Saat Perjalanan Pulang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhieNZJ1opK8uP42PqGOn1V3PJPrN_cblJ5SsMr1NcuO_2kBtduLWjzM3ZlSMyYl7qSKJdTE9t60FBIumCp9C1F_USm7HNm9rPXLfzO9rZsJwIkoGsgU2cUdpJ4Wm4DcNHLGpDCmBNcIBES/s320/Sempat+Disiksa+Majikannya+dan+Setahun+Tak+Digaji+Hingga+Sakit%252C+TKW+Asal+Indramayu+Meninggal+Dunia+Saat+Perjalanan+Pulang%252C+Keluarga+Dimintai+32+Juta.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhieNZJ1opK8uP42PqGOn1V3PJPrN_cblJ5SsMr1NcuO_2kBtduLWjzM3ZlSMyYl7qSKJdTE9t60FBIumCp9C1F_USm7HNm9rPXLfzO9rZsJwIkoGsgU2cUdpJ4Wm4DcNHLGpDCmBNcIBES/s72-c/Sempat+Disiksa+Majikannya+dan+Setahun+Tak+Digaji+Hingga+Sakit%252C+TKW+Asal+Indramayu+Meninggal+Dunia+Saat+Perjalanan+Pulang%252C+Keluarga+Dimintai+32+Juta.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2020/10/sempat-disiksa-majikannya-dan-setahun.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2020/10/sempat-disiksa-majikannya-dan-setahun.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content