14 Tahun Hilang Kontak, TKW Asal Cianjur Ditemukan Dalam Kondisi Stroke - Diduga Tak Pernah Digaji

14 Tahun Hilang Kontak, TKW Asal Cianjur Ditemukan Dalam Kondisi Stroke - Diduga Tak Pernah Digaji

Nasib kurang beruntung kembali dialami Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Cianjur. Hilang kontak selama belasan tahun, TKW bernama Jamilah Abudin (51) ditemukan dalam kondisi stroke. Bahkan diduga upahnya selama beberapa tahun bekerja di Arab Saudi tak dibayarkan majikannya.

TKW asal Kampung Padaasih Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengalami ini diketahui berangkat ke Arab Saudi untuk bekerja di sektor nonformal sejak 2007 lalu.

Lisnawati (31) anak TKW Jamilah, mengungkapkan beberapa bulan setelah bekerja, keluarga dan Jamilah hilang kontak hingga saat ini. Namun belum lama ini ia kembali mendapat kabar terkait keberadaan ibunya.

Sayangnya ibunya itu dikabarkan juga tengah dalam keadaan sakit stroke. "Sudah lama tidak ada kabar bagaimana kondisi dan keberadaan ibu, kemarin dapat kabar ibu tapi kondisinya sakit stroke," ungkap dia, Rabu (18/8/2021).
[post_ads]
Menurutnua meski senang karena akhirnya kembali mendapat kabar, namun keluarga juga khawatir dengan kondisi Jamilah yang sakit stroke.

"Saya dan keluarga berharap ibu (Jamilah) bisa segera dipulangkan. Mau bagaimana pun kondisinya, yang penting bisa kembali berkumpul dengan Ibu," kata dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya Pembaharuan (Astakira P) Kabupaten Cianjur Ali Hildan, mengatakan sebelum menerima laporan dari keluarga, pihaknya juga mendapatkan kabar dari Kbri di Riyad Arab Saudi jika ada TKW yang menjalani berobat jalan.

"Informasinya ada TKW stroke, kita cari alamatnya. Kebetulan ada keluarga yang datang untuk melapor dan ternyata keluarga dari TKW yang kami juga telusuri alamatnya," ucap Ali.

Ali mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk membantu kepulangan PMI tersebut.
[post_ads_2]
"Kami pihak Astakira selain kordinasi dengan instansi terkait, juga melakukan lobi dengan majikan Jamilah. Majikannya sempat berjanji segera memulangkan Jamilah, tapi sampai sekarang belum dipulangkan dan belum ada kabar lagi. Kita akan coba upaya lainnya," ungkapnya.

Selain itu, Ali mengungkapkan jika majikannya diduga tak membayarkan gaji Jamilah selama bertahun-tahun bekerja. Pasalnya pihak keluarga mengaku belum menerima kiriman apapun.

"Kita sudah coba konfirmasi soal upahnya, dari majikan klaimnya sudah dibayarkan tapi setelah dikonfirmasi ke pihak keluarga katanya belum menerima apapun. Hak tersebut kita akan perjuangkan juga. Jangan sampai TKW kita dieksploitasi tenaganya hingga sakit, tapi haknya tidak diberikan" tegasnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur Ricky Ardi Hikmat, mengatakan pihaknya perlu melakukan cek terkait data laporan atas nama TKW Jamilah.

Namun menurutnya jika sudah ada laporan Disnakertrans segera menindaklanjuti dan berupaya memulangkan TKW tersebut.

"Kita cek dulu surat laporannya sudah masuk atau belum, termasuk status keberangkatannya. Tapi kalau sudah masuk biasanya langsung kita tindaklanjut, seperti TKW bermasalah di Kecamatan Warungkondang," pungkasnya.

sumber: detikcom

COMMENTS

Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: 14 Tahun Hilang Kontak, TKW Asal Cianjur Ditemukan Dalam Kondisi Stroke - Diduga Tak Pernah Digaji
14 Tahun Hilang Kontak, TKW Asal Cianjur Ditemukan Dalam Kondisi Stroke - Diduga Tak Pernah Digaji
14 Tahun Hilang Kontak, TKW Asal Cianjur Ditemukan Dalam Kondisi Stroke - Diduga Tak Pernah Digaji
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxRb-ada9CG0iPskz2T5Ri5j1cYyCyyRAWoCmV8LboScHy2WRk8w4PR6vCjIfO3SVoDHH1ZCbTKjtLioxz5XZYO-nu5r7cE7NujMWOuYq_hV0heqog_kU3OYOIIx6V_ZxmBa8__zc2_BB6/s320/SUARA+BURUH+MIGRAN+FRAME.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxRb-ada9CG0iPskz2T5Ri5j1cYyCyyRAWoCmV8LboScHy2WRk8w4PR6vCjIfO3SVoDHH1ZCbTKjtLioxz5XZYO-nu5r7cE7NujMWOuYq_hV0heqog_kU3OYOIIx6V_ZxmBa8__zc2_BB6/s72-c/SUARA+BURUH+MIGRAN+FRAME.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/08/14-tahun-hilang-kontak-tkw-asal-cianjur.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/08/14-tahun-hilang-kontak-tkw-asal-cianjur.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content