Gandeng BNI dan Jasindo, BP2MI Fasilitasi Kredit Pembiayaan Jadi TKI dan Jaminan Keamanan Pekerja Migran Hingga 40 Juta

Gandeng BNI dan Jasindo, BP2MI Fasilitasi Kredit Pembiayaan Jadi TKI dan Jaminan Keamanan Pekerja Migran Hingga 40 Juta

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan Asuransi Jasindo sebagai upaya membantu pembiayaan serta keamanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) . Adapun bentuk dukungan yang diberikan berupa fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan jaminan keamanan.

Pasalnya, para PMI yang hendak bekerja harus mengikuti pelatihan guna mendapatkan sertifikat sebagai bukti keahlian dibidangnya. Di mana dalam mengikuti pelatihan tersebut membutuhkan biaya besar. 

Selain itu, diiringi pula oleh biaya lainnya seperti medical check up, paspor, visa, tiket, transportasi dan lainnya.
[post_ads]
Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani memaparkan, dirilisnya bantuan dari bank BNI berlandaskan dari persoalan biaya yang ditanggung oleh PMI. 

Sebelum bantuan ini diluncurkan, banyak dari para PMI yang menjual harta milik keluarganya maupun meminjam kepada rentenir.

"Kalau PMI ingin berangkat ke luar negeri, mereka pasti butuh modal yang besar. Dulu mereka nggak punya uang, pilihannya dua. Antara menjual harta milik keluarganya atau meminjam ke rentenir, dengan resiko bunganya tinggi. Makanya PMI sulit kaya ya karena itu, mereka jadi nggak punya tabungan," paparnya, Selasa (19/10/2021).

Untuk modal bekerja tersebut, lanjut Benny, saat ini BP2MI yang dibantu oleh BUMN dalam hal ini bank BNI dengan meluncurkan Kredit Tanpa Agunan (KTA). 
[post_ads_2]
"Jadi kebutuhan biaya untuk bekerja yang hingga Rp30-40 juta itu sudah disiapkan oleh BNI, bunganya pun juga sangat rendah, yaitu 11 persen per tahun," ujarnya.

Sementara bantuan dari Asuransi Jasindo, Benny menerangkan kehadirannya sebagai pihak yang menanggung resiko. Sehingga apabila batal berangkat namun sudah terlanjur meminjam uang, bisa ditanggung oleh Jasindo.

Terkait bantuan dana yang disediakan oleh BNI, Benny menekankan, pinjaman tersebut bentuknya tidak wajib. Artinya program ini hanyalah bantuan dari negara yang memberikan fasilitas agar PMI terbantu dari sisi permodalan.

"Pinjaman ini bukan suatu kewajiban atau paksaan. Tapi ini hanya bantuan dari negara menyiapkan fasilitas supaya PMI bisa terbantu. Lalu untuk jumlah dana bisa disesuaikan dengan kebutuhan modal. Karena setiap negara beda-beda," tukasnya.

sindonews

COMMENTS

Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: Gandeng BNI dan Jasindo, BP2MI Fasilitasi Kredit Pembiayaan Jadi TKI dan Jaminan Keamanan Pekerja Migran Hingga 40 Juta
Gandeng BNI dan Jasindo, BP2MI Fasilitasi Kredit Pembiayaan Jadi TKI dan Jaminan Keamanan Pekerja Migran Hingga 40 Juta
Gandeng BNI dan Jasindo, BP2MI Fasilitasi Kredit Pembiayaan Jadi TKI dan Jaminan Keamanan Pekerja Migran Hingga 40 Juta
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgpjY556fkV-IvCmDgarYcvZnj-KVof9VdOorJs-jlptLa2i4Wb9RXXqJzWwRDeUqwsQNQy1RS-2bf0ba3gN5ZVOIgFMN-2UtO7dJLUJ133jJXXuCQCwHkyX80VjF0v_asfsKIZaqL7lm-oOB1xUipIuKgKkH53goA6KVd-9QKZlVMTOivLN330EwJw-Q=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgpjY556fkV-IvCmDgarYcvZnj-KVof9VdOorJs-jlptLa2i4Wb9RXXqJzWwRDeUqwsQNQy1RS-2bf0ba3gN5ZVOIgFMN-2UtO7dJLUJ133jJXXuCQCwHkyX80VjF0v_asfsKIZaqL7lm-oOB1xUipIuKgKkH53goA6KVd-9QKZlVMTOivLN330EwJw-Q=s72-c
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/10/gandeng-bni-dan-jasindo-bp2mi.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/10/gandeng-bni-dan-jasindo-bp2mi.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content