13 Tahun Menghilang dan Tak Pulang, 2 TKW Ini Lupa Bahasa Indonesia Saat Ditemukan, Kok Bisa


SUARABMI - 
Dastin binti Tasja sebelumnya telah dinyatakan hilang oleh keluarganya selama 13 tahun lamanya. Saat ditemukan, ternyata ia telah bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia atau TKI di kota Amman, Yordania.

Namun, TKW asal Indramayu ini kemudian kesulitan berkomunikasi dengan keluarganya. Bagaimana tidak, karena telah lama di Yordania, Dastin lupa dan tidak bisa berbicara dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 

Nasib yang sama juga dialami oleh Nurfaiyzah binti Casma Ali. Ia dinyatakan hilang oleh keluarga sama 18 tahun sebelum akhirnya ditemukan di Arab Saudi. Ketika ditemui pihak KJRI Jeddah, Nurfaiyzah tak mampu lagi berbahasa Indonesia. 
[post_ads]
Lalu, bagaimana hal unik ini bisa terjadi? Benarkah karena terlalu lama tidak menggunakan Bahasa Indonesia seseorang dapat melupakannya begitu saja? 

Profesor linguistik dari University of Essex, Dr. Monika Schmid, mengutarakan bahwa kejadian tersebut terjadi karena seseorang “lupa” akan bahasa Indonesia. Peristiwa tersebut dinamakan atrisi bahasa dalam dunia linguistik. 

Mereka yang mengalami atrisi bahasa sebenarnya tetap mampu menggunakan bahasa ibunya. Namun, karena terlalu lama tidak digunakan, orang tersebut lupa akan kosakata serta tata bahasa yang benar dalam bahasa tersebut. 

Dosen Bahasa Rusia dari Temple University, AS, Dr. Aneta Pavlenko, mengungkapkan bahwa paparan atas bahasa lain membuat seseorang tidak memperoleh kesempatan untuk menggunakan bahasa ibu. Ini membuat atrisi bahasa semakin mungkin terjadi. 
[post_ads_2]
Pavlenko juga mengakui bahwa dirinya tidak kebal terhadap atrisi bahasa. Ia sering kali kesulitan menggunakan bahasa Rusia ketika berada di Ukraina karena terlalu lama tinggal di AS.

Melupakan bahasa ibu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007, merupakan salah satu strategi adaptasi. Dengan melupakan bahasa yang sudah lama dikenal, maka manusia akan menjadi lebih mudah untuk mempelajari bahasa yang baru.

Penelitian ini dilakukan pada orang-orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya, namun sedang mempelajari bahasa Spanyol saat kuliah, setidaknya selama satu tahun. 

Mereka diminta untuk menyebutkan nama-nama benda dalam bahasa Spanyol beberapa kali. Semakin sering mereka diminta untuk menggunakan bahasa Spanyol, mereka malah menjadi kesulitan untuk mengingat nama benda tersebut dalam bahasa Inggris. 

Selain itu, menurut Noam Chomsky, seorang ahli bahasa terkenal dari Amerika Serikat, meskipun seseorang lupa pada bahasa ibunya, mereka akan tetap bisa mempelajari bahasa ibunya lagi, dan dalam waktu yang relatif cepat. 

“Pasti masih ada sisa ingatan bahasa mereka, hal tersebut tidak bisa dihapus dari otak,” kata Chomsky dilansir Psychology Today.

kumparan

COMMENTS

Banner iklan disini> ==
====
Nama

BMICare,60,Cinta,27,Cuaca,15,Heboh,9,Hongkong,97,IndoNews,121,Jepang,1,KabarBMI,455,Kesehatan,2,Korea,6,LintasManca,2,Malaysia,12,Other,3,Panduan,68,RumahTangga,14,Saudi,5,Singapura,9,Surat Pembaca,3,Taiwan,306,Tips,2,Unik,5,Waspada,22,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia di Seluruh Dunia: 13 Tahun Menghilang dan Tak Pulang, 2 TKW Ini Lupa Bahasa Indonesia Saat Ditemukan, Kok Bisa
13 Tahun Menghilang dan Tak Pulang, 2 TKW Ini Lupa Bahasa Indonesia Saat Ditemukan, Kok Bisa
13 Tahun Menghilang dan Tak Pulang, 2 TKW Ini Lupa Bahasa Indonesia Saat Ditemukan, Kok Bisa
https://1.bp.blogspot.com/-Xr_oy9i-Dwk/X6FJ7qvJjHI/AAAAAAAAg68/f6ccFDOsO5sAvcvELShy1IhSAtHJ6b6SwCLcBGAsYHQ/s320/13%2BTahun%2BMenghilang%2Bdan%2BTak%2BPulang%252C%2B2%2BTKW%2BIni%2BLupa%2BBahasa%2BIndonesia%2BSaat%2BDitemukan%252C%2BKok%2BBisa.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Xr_oy9i-Dwk/X6FJ7qvJjHI/AAAAAAAAg68/f6ccFDOsO5sAvcvELShy1IhSAtHJ6b6SwCLcBGAsYHQ/s72-c/13%2BTahun%2BMenghilang%2Bdan%2BTak%2BPulang%252C%2B2%2BTKW%2BIni%2BLupa%2BBahasa%2BIndonesia%2BSaat%2BDitemukan%252C%2BKok%2BBisa.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia di Seluruh Dunia
https://www.suaraburuhmigran.com/2020/11/13-tahun-menghilang-dan-tak-pulang-2.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2020/11/13-tahun-menghilang-dan-tak-pulang-2.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
close
Banner iklan disini