Mengalami Nasib Pahit Saat Jadi TKW Selama 7 Tahun Hingga Pulang Ditinggal Nikah Suaminya, TKW Ini Kini Sukses Hingga Pekerjakan 300 Mantan TKW Lainnya

Mengalami Nasib Pahit Saat Jadi TKW Selama 7 Tahun Hingga Pulang Ditinggal Nikah Suaminya, TKW Ini Kini Sukses Hingga Pekerjakan 300 Mantan TKW Lainny

Tujuh tahun menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia membuat Holisa belajar banyak hal. Tak hanya pengalaman pahit di tanah rantau, namun juga belajar keterampilan mengembangkan kerajinan.

Perempuan asal Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, itu terpaksa merantau karena desakan ekonomi sejak 1995 hingga 2002. Ia berangkat hanya mengandalkan satu lembar ijazah sekolah dasar (SD). 

Ia ingin merubah nasib ekonominya menjadi lebih baik. Sebab, di desa, sulit menemukan pekerjaan. Terpaksa, ia harus meninggalkan keluarga menjadi Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Negeri Jiran.

Holisa bercerita tentang kisahnya bekerja sebagai TKW. Saat itu, dia bekerja sebagai pembantu di salah satu rumah warga Malaysia.

Namun, setahun setelah bekerja, ia tidak digaji. Akhirnya, melarikan diri dari rumah majikan tanpa tujuan yang jelas. 

Dalam pelarian itu, Holisa ditolong oleh seorang sopir di tengah jalan. Sang sopir menawari Holisa bekerja di restoran. Namun, pemilik restoran menolak karena Elisa merupakan seorang pelarian.
[post_ads]
“Akhirnya saya datang ke kantor polisi di sana,” kata dia, pada Kompas.com saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

Setelah itu, polisi mengantarnya ke kantor imigrasi. Di sanalah ia mendapat tawaran untuk bekerja di pabrik garmen di Perlis Malaysia.

Selama bekerja di perusahaan garmen, Lisa mendapat kepercayaan dari majikannya untuk hadir ke berbagai kegiatan mewakili perusahaan. Bahkan, tak hanya di Malaysia, namum hingga keluar negeri.

Selain sibuk bekerja, Lisa juga menyisihkan gajinya untuk kursus bahasa Inggris. Sebab, ketika bertemu dengan pengusaha di Malaysia, ada yang menggunakan bahasa Inggris.

Sisa penghasilannya juga ditabung sebagai bekal modal usaha ketika pulang kampung. Karena pengeluaran itu, ia tidak bisa mengirim uang pada keluarganya di Jember selama dua tahun. 

Perempuan kelahiran 12 Agustus 1975 ini terus mengasah keterampilannya, belajar cara berbisnis. Mulai dari cara berkomunikasi hingga mendesain kerajinan. Ia tak ingin menjadi pekerja migran selamanya.

Setelah cukup lama di Malaysia, Lisa pulang ke tanah kelahirannya pada tahun 2002. Tiba di kampung halaman, dia menemukan sang suami sudah menikah lagi dengan orang lain. Namun, ia tak putus asa dan menyerah. 

Lisa mencoba memulai usaha dengan membuat kerajinan kalung, gelang, anting dan berbagai aksesoris lainnya. Kerajinan itu diberi nama Elisa Rainbow.

Ia mengajak tetangga sekitar untuk ikut membantunya. Setelah itu, Kerajinan dijual ke Bali. Bahkan, modal uang yang dibawa dari Malaysia digunakan untuk menyewa ruko di Bali guna memasarkan produknya.

Dari situ, produk kerajinan miliknya dikenal banyak orang. Sebab, banyak turis asing yang tertarik untuk membeli. “Dari sana produk saya semakin dikenal pembeli turis asing,” ucap dia. 

Persoalan keluarga sempat membuat bisnis miliknya bangkrut pada tahun 2009. Tapi, Lisa tak menyerah, dia tetap bangkit.
[post_ads_2]
Beruntung, ada sahabat dan rekan bisnisnya asal Australia yang menolongnya. Yakni memberikan pinjaman uang agar membangun kembali usahanya.

Kerajinan yang dibuat oleh Holisa terus berkembang sampai sekarang. Bahkan, sudah ada 300 karyawan yang bekerja padanya.

Di antara mereka, banyak pekerja mantan TKW. Sebab, Kecamatan Ledokombo merupakan daerah yang warganya menjadi pekerja migran. “Ada TKW yang baru pulang tahun 2020 kemarin, saya ajak bergabung,” tutur dia. Sebab, TKW tersebut tidak berhasil bekerja di tanah rantau lalu kembali.

Selain TKW, ada juga warga sekitar yang membutuhkan pekerjaan. Awalnya banyak mengakomodir kalangan perempuan.

Pekerjaan membuat kalung, gelang serta aksesoris lainnya itu bisa dibuat di rumah masing-masing, yakni merangkai kalung hingga gelang. 

Penghasilan mereka beragam, tergantung jumlah produksinya. Ada yang seminggu mendapat Rp 600.000.

Kerajinan yang dibuat oleh Holisa sudah diekspor ke ke 17 negara. Mulai dari China, Prancis, USA, Kostarika, Swedia, Inggris, Selandia Baru, Jepang, Australia, Spanyol, Dubai, Jerman, Malaysia, Singapore, Thailand, Korea hinga Italia. “Senin kemarin saya kirim ke Amerika dan China,” kata dia.

Selain di Jember, Lisa juga sudah memiliki tempat produksi di Rogojampi Banyuwangi.

Dia terus mengembangkan usahanya agar bisa membantu banyak orang dalam mencari pekerjaan. Untuk itu, dia terus mempromosikan kerajinan miliknya via online.

Ia mengajak tetangganya yang menjadi TKW agar pulang kampung, ikut mengembangkan kerajinan miliknya.

Sebab, pengalaman pahit menjadi TKW cukup dirinya yang merasakan. Dia ingin membantu sesama meringankan beban ekonomi warga. 

Lisa berharap warga desa tak lagi bekerja menjadi buruh migran. Namun, bekerja di tanah kelahiran agar bisa berkumpul bersama keluarga./ kompascom

COMMENTS

Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: Mengalami Nasib Pahit Saat Jadi TKW Selama 7 Tahun Hingga Pulang Ditinggal Nikah Suaminya, TKW Ini Kini Sukses Hingga Pekerjakan 300 Mantan TKW Lainnya
Mengalami Nasib Pahit Saat Jadi TKW Selama 7 Tahun Hingga Pulang Ditinggal Nikah Suaminya, TKW Ini Kini Sukses Hingga Pekerjakan 300 Mantan TKW Lainnya
Mengalami Nasib Pahit Saat Jadi TKW Selama 7 Tahun Hingga Pulang Ditinggal Nikah Suaminya, TKW Ini Kini Sukses Hingga Pekerjakan 300 Mantan TKW Lainny
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnkulty1CbJ0mAHFxUSGiKNBGgYtc0wLE0JhPO59kT48hYIsPW3tngA7JcQdt2zvqnCUbuHpgsD8KOh94pc3wN8mTPklxN15vIMrBWKF9Hcg6zmMkeCTr5UxkAcjM_bfjlAeY0cLAI0Y9r/s320/SUARA+BURUH+MIGRAN%252C+SUARA+BMI%252C+TKI%252C+TKW%252C+PMI.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnkulty1CbJ0mAHFxUSGiKNBGgYtc0wLE0JhPO59kT48hYIsPW3tngA7JcQdt2zvqnCUbuHpgsD8KOh94pc3wN8mTPklxN15vIMrBWKF9Hcg6zmMkeCTr5UxkAcjM_bfjlAeY0cLAI0Y9r/s72-c/SUARA+BURUH+MIGRAN%252C+SUARA+BMI%252C+TKI%252C+TKW%252C+PMI.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/03/mengalami-nasib-pahit-saat-jadi-tkw.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/03/mengalami-nasib-pahit-saat-jadi-tkw.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content