Rumah Hasil Kerja Jadi TKI Hancur oleh Gempa di Malang Kemarin, Mantan TKI Ini Hanya Bisa Menyaksikan Dengan Air Mata Puing Puing Rumahnya


Debu beterbangan saat tembok sisi timur dapur rumah Kadelan (53), warga Dusun/Desa Jabon, Kecamatan Kalidawir, ambruk oleh gempa yang mengguncang Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Diding itu satu-satu sisi yang tersisa, sementara dinding lain sudah lebih dulu ambruk karena goncangan gempa Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

Warga sekitar bergotong royong membantu Kadelan menyingkirkan puing-puing. Sementara Kadelan memandang dengan getir, karena dapur rumahnya baru dibangun tujuh tahun lalu hancur oleh gempa.

Uangnya didapat dari pekerja sebagai buruh migran di Brunei Darussalam. “Kerja di Brunei hanya uangnya untuk membangun dapur. Sekarang ambruk kena gempa,” ucap Kadelan.
[post_ads]
Kadelan berkisah, saat kejadian dirinya sedang bekerja memanen padi di sawah orang.Sementara di rumah hanya ada istrinya, Kasih (49) dan ayahnya yang sakit dan tidak bisa berjalan.

Saat gempa hebat mengguncang, pikirannya langsung tertuju ke istri dan ayahnya. “Waktu gempa, air di sawah itu seperti dilemparkan dengan kuat, kena muka saya. Saya bilang sama lima teman saya, ayo pulang periksa rumahnya sendiri-sendiri,” tutur Kadelan.

Bergegas Kadelan memacu sepeda motornya pulang. Di sepanjang jalan ia melihat warga jongkok di jalan, karena takut terjatuh saat gempa.

Di tengah perjalanan, ayah tiga anak ini bertemu dengan istrinya yang bermaksud menyusul. “Begitu ketemu istri di tengah jalan mau menyusul, saya sudah tahu ada sesuatu terjadi di rumah,” sambung Kadelan.

Benar saja, saat tiba di rumah, dapur sudah ambruk menyisakan tembok sisi timur. Tembok itu kemudian diambrukkan sekalian, karena dianggap membahayakan. 

Namun Kadelan mengucap syukur, istri dan ayahnya selamat. “Untung rumah utama tidak ikut ambruk. Padahal usianya jauh lebih tua,” katanya.
[post_ads_2]
Kadelan pun mengambil barang-barang yang masih bisa dipakai dari dalam dapur. Ternyata semua barang berharga, seperti lemari es, penanak nasi elektrik dan sepeda di dalamnya masih utuh.

“Itu yang aneh, semua barang yang masih punyai nilai ternyata tidak kena puing-puing. Semua masih bisa dipakai,” ujarnya.

Gempa hebat dirasakan di Kabupaten Tulungagung selama dua menit, mulai pukul 14.00 WIB.

Hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung masih mendata kerusakan yang ditimbulkan. Sejauh ini sudah ada belasan rumah yang rusak ringan hingga kategori berat.

COMMENTS

Banner iklan disini> ==
====
Nama

BMICare,65,Cinta,34,Cuaca,16,Heboh,9,Hongkong,108,IndoNews,155,Jepang,1,KabarBMI,565,Kesehatan,2,Korea,8,LintasManca,2,Malaysia,14,Other,4,Panduan,68,RumahTangga,17,Saudi,11,Singapura,15,Surat Pembaca,3,Taiwan,369,Tips,3,Unik,6,Waspada,23,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia di Seluruh Dunia: Rumah Hasil Kerja Jadi TKI Hancur oleh Gempa di Malang Kemarin, Mantan TKI Ini Hanya Bisa Menyaksikan Dengan Air Mata Puing Puing Rumahnya
Rumah Hasil Kerja Jadi TKI Hancur oleh Gempa di Malang Kemarin, Mantan TKI Ini Hanya Bisa Menyaksikan Dengan Air Mata Puing Puing Rumahnya
Rumah Hasil Kerja Jadi TKI Hancur oleh Gempa di Malang Kemarin, Mantan TKI Ini Hanya Bisa Menyaksikan Puing Puing Rumahnya
https://1.bp.blogspot.com/-rhCMMPafXk8/YHK44wpurnI/AAAAAAAADxk/CBb3nuPobJsX8x4EI7bxJZJHleXijqZKACLcBGAsYHQ/s320/rumah-kadelan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-rhCMMPafXk8/YHK44wpurnI/AAAAAAAADxk/CBb3nuPobJsX8x4EI7bxJZJHleXijqZKACLcBGAsYHQ/s72-c/rumah-kadelan.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia di Seluruh Dunia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/04/rumah-hasil-kerja-jadi-tki-hancur-oleh.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/04/rumah-hasil-kerja-jadi-tki-hancur-oleh.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
close
Banner iklan disini