BMKG Ingatkan Potensi Gempa di Atas 7 Skala Richter dan Tsunami di Jawa Timur


Indonesia, 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi gempa dan tsunami di pesisir selatan Jawa Timur dengan melihat data peningkatan frekuensi gempa kecil sejak awal tahun dan gap seismik yang masih menyimpan energi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya telah mengamati dan menganalisis fenomena gempa bumi yang meningkat di Jawa Timur beberapa waktu terakhir. Dari hasil analisis pihaknya, Jatim mengalami peningkatan jumlah gempa-gempa berkekuatan kecil.

"Sejak awal tahun kami survei. Mulai tahun-tahun sebelumnya rata-rata gempa 300-400 kali, tapi mulai Januari itu sudah lompat 600 kali lebih dan memang rata-rata 600 kali saat ini, di Jatim terjadi lompatan," kata Dwikorita dalam sebuah webinar di kanal Youtube infoBMKG, Jumat (28/5).
[post_ads]
"Kami susuri pantai mulai Jatim sampai Selat Sunda untuk mengecek yang kami khawatirkan; gempa-gempa yang kekuatan (magnitudo) di atas 7 dan diprediksi yang skenario terburuk [magnitudo] 8,7 ini bisa membangkitkan tsunami," lanjutnya.

Oleh sebab itu, menurut dia, hasil kajian itu sekaligus untuk mengecek kesiapan aparat dan pemerintah daerah setempat. Serta untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk lokasi evakuasi apabila terjadi tsunami.

Ia melanjutkan, gempa-gempa kecil yang belakangan sering mengguncang Jatim ini merupakan alarm bagi semua pihak. Meski bukan berarti akan ada gempa besar, ia menyebut tren peningkatan gempa-gempa dengan kekuatan kecil di itu biasanya mengawali gempa-gempa besar.

"Di selatan Jatim, dari sekian ratus kejadian gempa sejak 2008, kelihatan ada zona yang kosong, tidak ada titik-titik pusat gempanya. Zona-zona yang kosong ini dari yang dikatakan sebagai seismik gap yang dikhawatirkan," jelasnya.
[post_ads_2]
Menurut dia, zona-zona itu belum melepaskan energi sebagai gempa. Energi itu masih tersimpan yang artinya baru siap-siap untuk lepas.

"Ini yang kami jadikan skenario, kita ambil kemungkinan magnitudo tertinggi 8,7 ini juga berdasarkan kajian pusat studi gempa nasional," tutur Dwikorita.

Selain itu, Dwikorita mengatakan, dari hasil analisis BMKG, seluruh pesisir Jatim berpotensi untuk diterjang tsunami apabila ada gempa besar.

"Hasil analisis kami untuk wilayah Jatim, seluruh pesisir itu potensinya, tinggi maksimum 26-29 meter di Kabupaten Trenggalek, itu tinggi maksimum. Waktu tiba tercepat 20-24 menit di Kabupaten Blitar," ujarnya.

Tidak hanya itu, hasil analisis dan kajian BMKG juga menyebutkan bahwa potensi genangan hasil tsunami itu bisa mencapai setinggi 22 meter.

"Ini sudah masuk genangan, bukan tinggi gelombang di pinggir pantai. Genangan bisa mencapai 22 meter, ini sampai masuknya juga menjorok cukup jauh [ke darat]," pungkasnya.

CNN Indonesia

COMMENTS

Banner iklan disini ==
===


Banner iklan disini
Nama

BMICare,78,Brunei,2,Cinta,45,Cuaca,24,Heboh,12,Hongkong,138,IndoNews,220,Jepang,4,KabarBMI,801,Kesehatan,2,Korea,8,LintasManca,2,Malaysia,18,Other,7,Panduan,68,RumahTangga,18,Saudi,20,Singapura,24,Surat Pembaca,3,Taiwan,526,Tips,5,Unik,6,Waspada,25,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: BMKG Ingatkan Potensi Gempa di Atas 7 Skala Richter dan Tsunami di Jawa Timur
BMKG Ingatkan Potensi Gempa di Atas 7 Skala Richter dan Tsunami di Jawa Timur
BMKG Ingatkan Potensi Gempa di Atas 7 Skala Richter dan Tsunami di Jawa Timur
https://1.bp.blogspot.com/-P0M6ZDk-bs8/YLGdeuYlVII/AAAAAAAAEK0/iyC2Q5u7mLgug2j_1OaOMgM_QPG02ObZwCLcBGAsYHQ/s320/thumbs_b_c_9df0653e6f0c0a8b7a9f750db27d985f.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P0M6ZDk-bs8/YLGdeuYlVII/AAAAAAAAEK0/iyC2Q5u7mLgug2j_1OaOMgM_QPG02ObZwCLcBGAsYHQ/s72-c/thumbs_b_c_9df0653e6f0c0a8b7a9f750db27d985f.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/05/bmkg-ingatkan-potensi-gempa-di-atas-7.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/05/bmkg-ingatkan-potensi-gempa-di-atas-7.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
close
Banner iklan disini