11 TKI Asal Blitar Meninggal Dunia Diluar Negeri, 1 Jenazah Belum Dipulangkan Dari Taiwan

11 TKI Asal Blitar Meninggal Dunia Diluar Negeri, 1 Jenazah Belum Dipulangkan Dari Taiwan

Sebanyak 11 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Blitar meninggal dunia di negara tempat mereka bekerja sejak Januari hingga Oktober 2021. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar Mujianto mengatakan, dari 11 TKI yang meninggal tersebut terdapat satu TKI yang jenazahnya belum dapat diterbangkan ke Indonesia. 

"Dari 11 itu 10 di antaranya sudah selesai urusannya termasuk dipulangkan jenazahnya. Tinggal kasus terakhir, satu TKI yang jenazahnya belum dipulangkan," ujar Mujianto, kepada wartawan, Senin (1/11/2021). 

Satu jenazah yang belum dipulangkan, ujar Mujianto, atas nama Supriyatin asal Kelurahan Bababadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, yang meninggal dunia di Taiwan.
[post_ads]
Mujianto tidak dapat memastikan kapan Supriyatin meninggal dunia. Namun, dia pastikan tenaga kerja wanita itu merupakan kasus kematian yang dilaporkan paling akhir hingga Oktober lalu.

"Kalau berdasarkan visum et repertum disebutkan dia meninggal karena sakit," ujar dia, tanpa menyebutkan penyakit yang diderita. Dia mengatakan, segala dokumen untuk pemulangan jenazah Supriyatin sudah siap dan tinggal menunggu ketersediaan pesawat kargo yang akan menerbangkannya ke Indonesia.

Berdasarkan catatan yang dia berikan, dari 11 kasus TKI asal Blitar yang meninggal di negara tempat bekerja, terdapat satu TKI atas nama Agustinus Supantius yang meninggal di Malaysia karena Covid-19. 

TKI asal Desa Mojorejo, Kecamatan Wates, itu dilaporkan meninggal dunia pada 13 September. "Jenazah dikremasi dan abunya sudah diserahkan ke pihak keluarga di Blitar," ujar dia. 

Selain kasus kematian, terdapat 14 kasus TKI asal Kabupaten Blitar yang tidak dapat menjalankan pekerjaannya karena sakit.   

Dari jumlah itu, kata Mujianto, 13 orang sudah dipulangkan ke kampung halaman mereka di Kabupaten Blitar dan tersisa satu orang TKI sakit yang belum dapat dipulangkan.
[post_ads_2]
"TKI atas nama Noviatun Nikmah asal Desa Maron, Kecamatan Srengat, yang berada di Hongkong belum dapat dipulangkan ke Indonesia," ujar dia. Noviatun Nikmah belum dapat dipulangkan karena kondisi kesehatannya masih belum memungkinkan untuk melakukan perjalanan.

Mujianto menambahkan, masih terdapat lagi 18 TKI lainnya asal Kabupaten Blitar yang bermasalah di negara tempat mereka bekerja dan dipulangkan ke Indonesia. Dari jumlah tersebut, kata dia, mayoritas merupakan korban penipuan sehingga tidak dapat bekerja di negara tujuan. 

Mujianto tidak memerinci masalah penipuan yang dimaksud. Kabupaten Blitar merupakan penyumbang TKI terbesar dari Jawa Timur setelah Kabupaten Ponorogo dan Banyuwangi. 

Setiap tahun sebelum pandemi Covid-19, lebih dari 5.000 TKI asal Kabupaten Blitar pergi ke negara-negara tujuan untuk bekerja terutama di Hongkong, Taiwan, Singapura dan Malaysia.

COMMENTS

Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: 11 TKI Asal Blitar Meninggal Dunia Diluar Negeri, 1 Jenazah Belum Dipulangkan Dari Taiwan
11 TKI Asal Blitar Meninggal Dunia Diluar Negeri, 1 Jenazah Belum Dipulangkan Dari Taiwan
11 TKI Asal Blitar Meninggal Dunia Diluar Negeri, 1 Jenazah Belum Dipulangkan Dari Taiwan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj5Jqps58ZvirT6T28_3WhApCNF8aVhPGmJvidb0JlmpR6FpUVLMboSIP2QQBlR7_Aagce3_-lx0tCHnrnpFzBpSkt1FRDclpYoBFFoW_nSAN52anyX3KSzMZjcQdevVhquEu6rogM3SxeEZgTS9YgzxM1VqjTCUOZ-0L9O_vCYJd7kehqXQ5hOrw87mg=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj5Jqps58ZvirT6T28_3WhApCNF8aVhPGmJvidb0JlmpR6FpUVLMboSIP2QQBlR7_Aagce3_-lx0tCHnrnpFzBpSkt1FRDclpYoBFFoW_nSAN52anyX3KSzMZjcQdevVhquEu6rogM3SxeEZgTS9YgzxM1VqjTCUOZ-0L9O_vCYJd7kehqXQ5hOrw87mg=s72-c
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/11/11-tki-asal-blitar-meninggal-dunia.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/11/11-tki-asal-blitar-meninggal-dunia.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content