Empat Hal Ini Harus Dilakukan TKI Setibanya di Taiwan

Empat hal ini yang harus dilakukan oleh TKI setibanya di Taiwan, Bagi TKI yang bernaung dibawah agensi, hal ini sudah diatur oleh agensi namun bagi yang tidak maka ia harus melakukannya sendiri. Berikut 4 hal tersebut:
SUARABMI.COM - Empat hal ini yang harus dilakukan oleh TKI setibanya di Taiwan, Bagi TKI yang bernaung dibawah agensi, hal ini sudah diatur oleh agensi namun bagi yang tidak maka ia harus melakukannya sendiri. Berikut 4 hal tersebut:

1. Pemeriksaan Kesehatan
Setiap TKI yang bekerja di Taiwan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan selambat-lambatnya 3 hari setelah tiba di Taiwan. 

Selama bekerja di Taiwan, TKI harus melakukan 4 kali pemeriksaan kesehatan, yakni paling lambat hari ke 3 tiba di Taiwan, bulan ke-6, bulan ke-18 serta bulan ke-30. 
[post_ads]
Menurut peraturan ketenagakerjaan di Taiwan, setiap TKI yang ditemukan menderita HIV/AIDS, cacingan, hepatitis B maupun TBC diharuskan meninggalkan Taiwan. 

Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di rumah sakit pemerintah daerah setempat di Taiwan yang telah ditentukan oleh Departemen Kesehatan Taiwan.

Berikut tips yang harus diperhatikan TKI sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan adalah:
  • Seminggu sebelum pemeriksaan kesehatan jangan menggunakan obat flu yang dibawa dari Indonesia, seperti Panadol, Paramek, dan Stopcold. Karena dalam pemeriksaan kesehatan, dalam darah pemakai obat tersebut sering didapati unsur obat terlarang menurut hukum Taiwan
  • TKI perempuan yang terdeteksi sedang hamil saat pemeriksaan kesehatan pertama, maka ia akan di deportasi dari Taiwan.

2. Pemeriksaan Sidik Jari
Setiap pekerja asing harus melakukan pemeriksaan sidik jari ke kantor polisi setempat, diantar oleh agen. Biasanya pemeriksaan sidik jari ini dilakukan pada hari ke-2 setelah TKI tiba di Taiwan.
[post_ads_2]
3. Mengurus Alien Resident Certificate (ARC)
Setelah melakukan sidik jari, TKI diperbolehkan mengurus Alien Resident Card (semacam KTP) di kantor imigrasi setempat dengan membawa paspor, pas photo 2 lembar, mengisi formulir yang tersedia dan membayar biaya administrasi sebesar NTD 1.000 pertahun (biasanya langsung membayar NTD 3000 untuk 3 tahun sampai habis kontrak). ARC akan selesai dalam waktu 10 hari dan diambil oleh agen untuk diserahkan pada TKI.

4. Mengurus Surat Izin Kerja (SIK)
Bagi pekerja asing yang lulus pemeriksaan kesehatan, dalam waktu 15 hari setelah tiba di Taiwan diperbolehkan mengurus Surat Izin Kerja ke MOL yaitu lembaga pemerintah Taiwan yang membidangi tenaga kerja. 

Pembuatan SIK biasanya dilakukan oleh agen. Bagi pekerja asing yang terpaksa pindah majikan sebelum selesai kontrak berakhir, maka mereka berhak meminta pada majikan baru untuk mengurus perpanjangan SIK di MOL. 

Apabila masa kerja TKI berakhir dan tidak memperoleh perpanjangan SIK dari MOL, maka TKI diharuskan meninggalkan Taiwan sebelum masa berlaku SIK berakhir.

editor suarabmi/admin
sumber inspirasi bmi
Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: Empat Hal Ini Harus Dilakukan TKI Setibanya di Taiwan
Empat Hal Ini Harus Dilakukan TKI Setibanya di Taiwan
Empat hal ini yang harus dilakukan oleh TKI setibanya di Taiwan, Bagi TKI yang bernaung dibawah agensi, hal ini sudah diatur oleh agensi namun bagi yang tidak maka ia harus melakukannya sendiri. Berikut 4 hal tersebut:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMSIGz_g8bI3EK7JyGehZ0zG2DNjFfGHyPF2BXD6BYpxiDHM7L0jPVGe3fbyYnj2NNkyIWxxRf9CC52i9I2E8U4Y7Rkp-_mSVOX38cGskuWEi1eV1G0ook_5yFw9X6UEQa4usF_UxaG0sD/s640/Snapshot_2017-1-13_9-40-8.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMSIGz_g8bI3EK7JyGehZ0zG2DNjFfGHyPF2BXD6BYpxiDHM7L0jPVGe3fbyYnj2NNkyIWxxRf9CC52i9I2E8U4Y7Rkp-_mSVOX38cGskuWEi1eV1G0ook_5yFw9X6UEQa4usF_UxaG0sD/s72-c/Snapshot_2017-1-13_9-40-8.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2017/01/empat-hal-ini-harus-dilakukan-tki.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2017/01/empat-hal-ini-harus-dilakukan-tki.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content