Cegah Mantan TKI Berangkat Lagi Keluar Negeri, Pemerintah Sukabumi Siapkan Aturan dan Program Ini


SUARABMI - 
Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyadari adanya potensi risiko yang harus dihadapi pekerja migran asal Indonesia di luar negeri.

Risiko yang harus dihadapi para pekerja migran itu di antaranya upah tidak dibayarkan, menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO), kecelakaan kerja, penyiksaan, pelecehan hingga kematian.

Untuk itu, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan pihaknya memberdayakan para mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran untuk meningkatkan kesejahteraannya agar tidak kembali lagi bekerja di luar negeri.

"Berbagai pembinaan terus kami lakukan khususnya dalam pemberdayaan di sektor ekonomi dengan tujuan agar para mantan TKI ini bisa mendapatkan penghasilan agar kesejahteraannya meningkat tanpa harus kembali lagi ke negara tempat bekerja dahulu," kata Iyos, Selasa (7/9/2021) dikutip dari Antara.
[post_ads]
Menurut mantan Sekda Kabupaten Sukabumi ini, faktor ekonomi menjadi salah satu penyebab banyak warga Kabupaten Sukabumi memilih untuk bekerja di luar negeri.

Selain diakibatkan karena keterbatasan ekonomi, banyak juga TKI khususnya wanita yang menjadi korban TPPO karena iming-iming dari calo yang bisa memberikan pekerjaan dengan upah besar dan tempat nyaman.

Padahal, setelah berangkat ke luar negeri, mereka malah dipekerjakan secara paksa tanpa upah dan tidak sedikit dilecehkan.

Maka dari itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) setempat berinovasi agar para purna TKI ini tetap bisa mendapatkan penghasilan dan tidak ingin lagi berangkat ke luar negeri.

Salah satu pemberdayaan ekonomi untuk mantan TKI ini dengan cara memberikan pembinaan dan pelatihan wirausaha di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan mengembangkan potensi yang ada di dalam diri mereka masing-masing baik secara individu maupun kelompok.
[post_ads_2]
Pihaknya pun mengapresiasi masyarakat di Kecamatan Kebonpedes yang dahulu merupakan salah satu lumbung TKI di Kabupaten Sukabumi, tetapi saat ini ketertarikan warganya untuk menjadi pekerja migran menurun drastis.

"Di Kecamatan Kebonpedes, banyak inovasi yang dilakukan para mantan TKI, seperti pembinaan hingga membangun wirausaha serta mereka pun dilibatkan untuk memberikan sosialisasi bagi warga agar tidak mudah terbujuk rayuan untuk menjadi pekerja migran," tambahnya.

Iyos mengatakan Pemkab Sukabumi pun memiliki program unggulan dalam upaya pemberdayaan ekonomi wanita yakni Perempuan Hebat untuk Keluarga Berkualitas (Perahu Kertas).

Program yang diinisiasi pemerintah ini sebagai intervensi dalam upaya meningkatkan kapasitas dan produktivitas kaum wanita.

Pihaknya pun optimistis dengan program tersebut kaum wanita bisa lebih berkualitas, berkompeten, produktif, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. [suara]

COMMENTS

Banner iklan disini ==
===


Banner iklan disini
Nama

BMICare,77,Brunei,2,Cinta,45,Cuaca,24,Heboh,12,Hongkong,137,IndoNews,219,Jepang,4,KabarBMI,797,Kesehatan,2,Korea,8,LintasManca,2,Malaysia,18,Other,7,Panduan,68,RumahTangga,18,Saudi,20,Singapura,24,Surat Pembaca,3,Taiwan,525,Tips,5,Unik,6,Waspada,25,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: Cegah Mantan TKI Berangkat Lagi Keluar Negeri, Pemerintah Sukabumi Siapkan Aturan dan Program Ini
Cegah Mantan TKI Berangkat Lagi Keluar Negeri, Pemerintah Sukabumi Siapkan Aturan dan Program Ini
Cegah Mantan TKI Berangkat Lagi Keluar Negeri, Pemerintah Sukabumi Siapkan Aturan dan Program Ini
https://1.bp.blogspot.com/-l9ldPouUybE/YThGWjxZtWI/AAAAAAAAE-Q/wmVWg24ifSsP6p-SooaNyrcNQ59pl3R3gCLcBGAsYHQ/s320/FRAME%2BTERBARU%2BSBMI.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-l9ldPouUybE/YThGWjxZtWI/AAAAAAAAE-Q/wmVWg24ifSsP6p-SooaNyrcNQ59pl3R3gCLcBGAsYHQ/s72-c/FRAME%2BTERBARU%2BSBMI.jpg
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/09/cegah-mantan-tki-berangkat-lagi-keluar.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2021/09/cegah-mantan-tki-berangkat-lagi-keluar.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
close
Banner iklan disini