TKW Cantik Asal Indramayu Ini Divonis 20 Tahun Penjara di Hongkong, Padahal Dijebak Oleh Temannya Sendiri

TKW Cantik Asal Indramayu Ini Divonis 20 Tahun Penjara di Hongkong, Padahal Dijebak Oleh Temannya Sendiri

Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Indramayu, Jawa Barat divonis 20 tahun penjara oleh Hakim di Pengadilan Hongkong atas kasus perdagangan Narkoba, pada Agustus 2021 lalu.

Perempuan cantik tersebut bernama Yayu Masih (33) merupakan warga Blok Tengah RT 017 RW 004 Desa Sukadana Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut disampaikan Miska (43), Kakak kandung PMI saat menyampaikan aduannya ke Serikat Buruh Migran Indonesia melalui saluran telepone seluler, Minggu (09/01).

“Adik saya di Hongkong sedang mengalami masalah terkait kasus narkoba bahkan sudah divonis 20 tahun, padahal dia itu dijebak oleh temannya yang sesama PMI asal Jawa Tengah,” ungkap Miska.

Pada saat menyampaikan aduan, Miska menceritakan bahwa adiknya yang bernama Yayu Masih awalnya sekitar pertengahan tahun 2008 direkrut oleh sponsor bernama Tarmin warga Desa Sukadana Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu.

Oleh Tarmin, kemudian Yayu Masih didaftarkan sebagai calon PMI ke PT. Jatim Duta Pembangunan yang beralamat di Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. hanya beberapa bulan mengikuti proses sebagai calon PMI kemudian oleh PT. Jatim Duta Pembangunan diberangkatkan ke Negara Hong Kong.

“Setibanya di Hongkong, kemudian adik saya kerja dimajikannya, namun baru 1 tahun bekerja entah kenapa Yayu kabur dari tempat majikannya dan memilih untuk kerja diluaran,” ucap Miska.

Lanjutnya, pada saat Yayu keluar dari rumah majikan terus memilih untuk tinggal di kostan dan bekerja di luar, dirinya mengaku jarang berkomunikasi dengan adik cantiknya itu dikarenakan kesibukan kerja.

Pada awal Desember 2019 Miska dikagetkan dengan nomor telpon yang tidak dikenali menelepon dirinya setelah dijawab ternyata Yayu Masih yang telepon menggunakan ponsel milik pengacarnya. Menyampaikan bahwa dirinya ditangkap oleh Polisi Hong Kong karena di kamar kostnya terdapat barang paketan milik temannya sesama PMI asal Jawa Tengah yang isi di dalam barang tersebut adalah narkoba jenis heroin.

“Setelah adik saya ditangkap, pada saat dipersidangan padahal selalu tidak mengakui bahwa barang tersebut miliknya namun hakim memvonis 20 tahun penjara terhadap adik saya, namun pengacaranya mengajukan banding” jelas Miska.
[post_ads_2]
Masih kata Miska, selama 2 tahun lebih Yayu bermasala hukum di Hongkong namun pihak KJRI Hongkong belum pernah menginformasikan ke keluarga maupun ke dirinya terkait kasus yang menjerat adiknya.

“Kata adik saya KJRI Hongkong tahu kalau Yayu Masih dipenjara bahkan sering membesuk, namun kata adik saya KJRI tidak bisa membantu dengan alasan ini kasus hukum bukan kasus ketenagakerjaan dengan majikan,” keluh Miska.

Atas dasar tersebut Miska menyampaikan aduan ke Serikat Buruh Migran Indonesia dengan harapan SBMI meneruskan aduannya ke Pemerintah Republik Indonesia untuk membantu permasalahan hukum yang sedang dialami terhadap adiknya di Hongkong.

“Karena saya tidak paham, sehingga saya menyampaikan aduan ke SBMI untuk membantu memperjuakan adik saya yang sedang menghadapi permasalahan hukum di Hong Kong,” harapnya.

Sementara itu, Juwarih, Koordinator Departemen Advokasi SBMI Nasional menyampaikan, pihaknya akan mempelajari aduan dari pihak keluarga PMI terlebih dahulu sebelum diteruskan ke Pemerintah dalam hal ini Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI.

“Tentunya SBMI siap untuk memperjuangkan aduan dari keluarga PMI, akan tetapi kami terlebih dahulu mempelajari aduan dari keluarga sebelum diteruskan ke pemerintah, dan SBMI juga akan mempertanyakan ke Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), kenapa ada WNI yang bermasalah hukum di luar negeri namun pihaknya sudah 2 tahun lebih belum juga menginformasikan secara tertulis ke pihak keluarganya,” pungkas Juwarih.

indramayunews

COMMENTS

Nama

BMICare,93,Brunei,3,Cinta,55,Cuaca,26,Heboh,13,Hongkong,187,IndoNews,305,Jepang,6,KabarBMI,1246,Kesehatan,2,Korea,12,LintasManca,2,Malaysia,33,Other,11,Panduan,68,Polandia,3,RumahTangga,19,Saudi,41,Singapura,36,Surat Pembaca,3,Taiwan,792,Tips,8,Unik,6,Waspada,27,
ltr
item
Suara Buruh Migran Indonesia: TKW Cantik Asal Indramayu Ini Divonis 20 Tahun Penjara di Hongkong, Padahal Dijebak Oleh Temannya Sendiri
TKW Cantik Asal Indramayu Ini Divonis 20 Tahun Penjara di Hongkong, Padahal Dijebak Oleh Temannya Sendiri
TKW Cantik Asal Indramayu Ini Divonis 20 Tahun Penjara di Hongkong, Padahal Dijebak Oleh Temannya Sendiri
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjgeE9WAprIbWF-Yvx_3cik0EieLM5L0Leiiq46ptU_dBrDjjalYrxlOzc0V9SSVBme7-CVtniKqV6gAP5FMTJ-q8XhvP8la7tKL_Wzisk8EXmG2rEXeq0D9OAQxlnpf93YvM-RCkkcCZU9yh8R2rccl9pXa3e2oaXhBcuM0Es5SOgT51gKQW_ddZam2w=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjgeE9WAprIbWF-Yvx_3cik0EieLM5L0Leiiq46ptU_dBrDjjalYrxlOzc0V9SSVBme7-CVtniKqV6gAP5FMTJ-q8XhvP8la7tKL_Wzisk8EXmG2rEXeq0D9OAQxlnpf93YvM-RCkkcCZU9yh8R2rccl9pXa3e2oaXhBcuM0Es5SOgT51gKQW_ddZam2w=s72-c
Suara Buruh Migran Indonesia
https://www.suaraburuhmigran.com/2022/01/tkw-cantik-asal-indramayu-ini-divonis.html
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/
https://www.suaraburuhmigran.com/2022/01/tkw-cantik-asal-indramayu-ini-divonis.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content